Feni Mardika Mahasiswi IAIN Batusangkar Juara 1 MTQ Se-Asia Tenggara
Feni Mardika Juara 1 Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional Antar Mahasiswa PAI Se-Asia Tengg

By Doni Okta 14 Sep 2021, 20:26:11 WIB Kemahasiswaan
Feni Mardika Mahasiswi IAIN Batusangkar Juara 1 MTQ Se-Asia Tenggara

Keterangan Gambar : Feni Mardika Mahasiswi IAIN Batusangkar Jurusan PAI Semester VII


Batusangkar, Mahasiswi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, Feni Mardika Raih Juara 1 Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional Antar Mahasiswa PAI Se-Asia Tenggara.

Kompetisi MTQ Internasional bergengsi ini diikuti sebanyak 4 negara di Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand dan Kamboja yang diikuti 41 peserta dari 25 Perguruan Tinggi, dengan Sistem daring/online, yang di selenggarakan oleh himpunan mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan FTIK IAIN Batusangkar. selasa 14/09-2021.

Feni Mardika adalah mahasiswi jurusan Pendidikan Agama Islam yang tercatat pada semester VII di FTIK IAIN Batusangkar, yang memperoleh nilai dari dewan juri 91, dengan Tajwid 29, Fasohah 28 dan irama 34, dengan Lomba digelar secara virtual.

Melalui dewan juri, adapun para pemuncak dalam ajang Internasioanl ini adalah, juara 1 Feni Mardika dari IAIN Batusangkar Indonesia, juara 2 Bazir Abdurrahman dari UIN Walisongo Semarang pada posisi Ke 3 diraih Mohd Fauzan Amir Bin Raihan dari National Univesity Of Malaysia, sedangkan pada posisi harapan 1 diraih oleh Rahmat Tawakkal Sobbari dari IAIN Palangkaraya, harapan 2 Aisya Nur Fahira dari UIN Sultan Adji Muhammad Idris Samarinda dan posisi haparan ke 3 di raih oleh Mutia Safitri dari IAIN Langsa.

Rekor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc memberikan apresiasi yang luar biasa dari pencaian mahasiswi kita yakni Feni Mardika yang telah berkasil meraih prestasi bergengsi ini, tentu ini sangat membaggakan IAIN Batusangkar.

“Marjoni Imamora mengucapkan selamat pada semua pememang, semoga para pemuncak menjadi duta generasi qur’an untuk umat Islam, yang akan melestarikan Khazanah Islam di tengah-tengah masyarakat dan juga bisa menjadi agen perubahan pada diri masing-masing, dan juga anda semua sudah memberikan dan membuat generasi qur’an yang membaggakan perguruan tingginya masing-masing”

Harapannya semoga kegiatan MTQ internasional bisa menjadi ajang untuk semakin meningkatkan interaksi mahasiswa dengan Al-Quran, dan menjadikan momentum ini, mahasiswa lebih dekat dengan Al Qur’an, terutama dalam mengamalkan kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” tutup.

Disampaikan ditempat terpisah wakil rektor III IAIN Batusangkar Dr. Sirajul Munir, M.Pd. selamat kepada Feni Mardika yang telag berhasil mengharumkan nama IAIN Batusangkar dalam ajang MTQ Internasional, juga berharap menjadikan icon pada FTIK, karena iven ini akan memberikan wadah untuk Mahasiswa kita, dan juga dapat menginspirasi mahasiswa lainya dan menjadi nilai yang berarti bagi IAIN Batusangkar, terutama mendapatkan Akreditasi Unggul pada Jurusan PAI di tahun mendatang” tutup Sirajul Munir.(dn/hm)