Mahasiswa IAIN Batusangkar Boyong Tiga Gelar Juara di kancah Internasional dan Nasional
Juara 1 MTQ Tingkat Internasional dan Juara Pertama dan Kedua pada lomba MSQ Tingkat Nasional.

By Doni Okta 14 Sep 2021, 21:01:53 WIB Kemahasiswaan
Mahasiswa IAIN Batusangkar Boyong Tiga Gelar Juara di kancah Internasional dan Nasional

Keterangan Gambar : Mahasiswa PAI yang persembahkan Juara Buat IAIN Batusangkar


IAIN Batusangkar-Tidak tanggung-tanggung yang dipersembahkan oleh Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan FTIK Jurusan Pendidikan Agama Islam dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Antar Mahasiswa PAI Se-Asia Tenggara dan Lomba Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ) Antar Mahasiswa PAI Tingkat Nasional, yang diselenggarakan secara daring. Selasa-14/09-2021.

Meski kasus pendemi covid-19 masih melanda negeri ini, upaya mahasiswa IAIN Batusangkar tidak pernah usai untuk meningkatkan kreativitas, hal ini dibuktikan oleh Mahasiswa Jurusan PAI yang raih juara Pertama pada ajang MTQ Tingkat Internasional dan Juara Pertama dan Kedua pada lomba MSQ tingkat Nasional.

MTQ Internasional diikuti sebanyak 4 negara di Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand dan Kamboja yang diikuti 41 peserta dari 25 Perguruan Tinggi, sedangkan pada ajang MSQ tingkat Nasional yang diikuti 8 Tim terdiri dari 7 perguruan tinggi di Indonesia, dengan Sistem daring/online, yang di selenggarakan oleh himpunan mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan FTIK IAIN Batusangkar.

Melalui dewan juri, adapun para pemuncak dalam ajang Internasioanl ini adalah, juara 1 Feni Mardika dari IAIN Batusangkar Indonesia, juara 2 Bazir Abdurrahman dari UIN Walisongo Semarang pada posisi Ke 3 diraih Mohd Fauzan Amir Bin Raihan dari National Univesity Of Malaysia, sedangkan pada posisi harapan 1 diraih oleh Rahmat Tawakkal Sobbari dari IAIN Palangkaraya, harapan 2 Aisya Nur Fahira dari UIN Sultan Adji Muhammad Idris Samarinda dan posisi haparan ke 3 di raih oleh Mutia Safitri dari IAIN Langsa.

Sedangkan untuk para pemuncak MSQ yakni juara 1 Tim dari IAIN Batusangkar atas nama, Fauzi Wirahadi, Abdul Nurrifqi dan Rafi Saifullah, dan Juara ke 2 juga diraih oleh Tim IAIN Batusangkar atas nama Riri Rahmadhani, Gesti Ariska dan Yamsasni sedangkan juara ke 3 yakni Tim dari UIN IB Padang atas nama Mayang Tarurai Giara, Irfansyah dan Tri Widya Ananda.

Dekan FTIK Dr. Adripen, M.Pd menyebutkan kegiatan ini adalah arah kebijakan rektor, meyangkut prestasi mahasiswa, kita juga mendorong semua kegiatan mahasiswa khusunya di FTIK untuk melangkah bertaraf Internasional, ini tak lain untuk memudahkan kita mendapatkan Akreditasi Unggul di setiap jurusan.

Sementara itu, Rekor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc memberikan apresiasi yang luar biasa dari pencaian mahasiswi kita yang telah berkasil meraih prestasi bergengsi ini, tentu ini sangat membaggakan IAIN Batusangkar.

“Marjoni Imamora mengucapkan selamat pada semua pememang, semoga para pemuncak menjadi duta generasi qur’an untuk umat Islam, yang akan melestarikan Khazanah Islam di tengah-tengah masyarakat dan juga bisa menjadi agen perubahan pada diri masing-masing, dan juga anda semua sudah memberikan dan membuat generasi qur’an yang membaggakan perguruan tingginya masing-masing”(hm/dn)