Indonesian English Arabic
Select Page
Bagikan Ke  

UIN MY Batusangkar – Program Kuliah Kerja Nyata Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama (KKN KNMB) tahun 2022 di papua resmi dibuka Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si aula kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Jl. Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 17 Juli 2022.

Dua mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar berhasil lolos dalam program Kuliah Kerja Nyata Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama (KKN KNMB) tahun 2022 di Papua. Kedua mahasiswa tersebut adalah Dhafi Zhein Fitri dari Fakultas Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir dan Zulkipli Nst juga dari jurusan yang sama.

Sebelum mengukuti acara penyerahan dan pembukaan KKN KNMB tahun 2022 dimulai, sebelumnya dua mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar sudah dilepas secera resmi oleh Rektor Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc yang di damping oleh kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) serta sekretaris dan kepala pusat, Selasa, 12/07-2022.

“Selamat menjalani KKN KNMB di Papua 2022, kalian sebagai delegasi dari UIN Mahmud Yunus Batusangkar harus membawa nama baik almamater dan berkontribusi sebagaimana mestinya. Saya turut bangga karena kampus kita ikut berpartisipasi dalam kegiatan kolaborasi dengan PTKIN se-Indonesia. Semoga harapan ini membentuk sinergitas antar instansi PTKIN dan memberikan kontribusi yang konkret terhadap wilayah yang terkait” ucap marjoni. 

Lebih lanjut Prof. Marjoni Imamora mengatakan untuk lokasi KKN KNMB akan difokuskan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Kerom. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dikoordinir oleh Kemenag pusat  dan sebagai koordinator penyelenggaraan KKN KNMB di Jayapura adalah IAIN Fattahul Muluk Papua yang berlangsung kurang lebih 45 hari.

KKN KNMB yang akan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) ini dimaksudkan untuk memperkuat wawasan, pengetahuan, dan pengalaman dalam membangun kesadaran moderasi beragama secara praksis di masyarakat, “ucap prof. marjoni.

 “Kedua mahasiswa kita yang lolos dalam KKN KNBM ini merupakan aktivis atau pengurus organisasi kemahasiswaan, dan memiliki kemampuan akademis yang membanggakan”

Kepala LPPM UIN Mahmud Yunus Batusangkar Dr. H. Fazis, M.Pd mengatakan dua delegasikita dapat beradabtasi dengan peserta yang lain dan masyarakat setempat nanti, sehingga dapat mengoptimalkan hasil dan proses dari kegiatan KKN Nusantara ini.

Sehingga hasil yang dipadatkan nantinya diharapkan dapat memberikan problem solving di tengah masyarakat,” tutupnya.(doni)